Skip to content

ORANG INDONESIA KURANG PINTAR?

Lebih dari 5 kali sepanjang karir saya dengar komentar seperti ini terutama di lingkungan Internasional. Saya yakin ini persepsi dan generalisasi stereotype orang Indonesia akibat ada oknum yang berperilaku tertentu dan dianggap tidak pintar. Didorong rasa penasaran, saya lalu mencari tahu dari mana asal-muasal persepsi ini.

Saya pun melakukan survey kecil-kecilan di beberapa lingkungan dimana ada tenaga professional Indonesia di sana. Angket minimalis non-formal saya rupanya membuahkan kesimpulan sederhana: orang Indonesia bukan orang yang tidak pintar. Orang Indonesia ternyata justru dianggap sebagai pekerja keras yang tahan banting. Sesusah apapun situasinya akan dilewati (meski ada yang nyindir kita ini sudah terbiasa susah). Sesuai dengan moto Kerja Kerja Kerja!

Tapi rupanya kerja saja bukan tolak ukur kompetensi dan kualifikasi tinggi di lingkungan yang saya survey. Di luar kerja keras diperlukan juga KEBERANIAN BICARA dan KEMAMPUAN KOMUNIKASI.

Bicara bukan sekedar bicara, bukan pula karena harus bicara, tapi karena perlu bicara dengan pemahaman yang baik terhadap topik yang dibicarakan. Yang jadi masalah adalah kalau tidak berani bicara karena takut salah. Takut salah ini terkait dengan rasa takut malu, karena mungkin lingkungan masa lalu mengajarkan jika salah ngomong maka akan dihukum dan dipermalukan. Akhirnya salah ngomong diidentikkan dengan penderitaan, bukannya pembelajaran untuk kebaikan. Ujungnya dari tidak berani bicara akan berujung dianggap tidak mampu.

Komunikasi artinya mampu menyampaikan ide & merespon orang lain dengan cara yang tepat & mudah dipahami. Karena ada juga yang semangat komunikasi dan menyampaikan ide tapi malah lepas konteks, akhirnya malah dianggap kurang pintar. Kemampuan merespon orang lain seringkali terkait dengan kemauan bertanya atau menjawab ketika orang lain bicara. Mungkin karena ada oknum yang cenderung diam kalau sedang diajak bicara orang dan mikir “udahlah diem aja..”. Padahal diamnya malah berakibat dianggap kurang paham atau kurang menghargai.

Mau kontribusi mengangkat nama bangsa Indonesia di panggung dunia? Berani bicara & komunikasi yang tepat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *