Skip to content

5 TRIK KOMUNIKASI PEMIMPIN CERDAS

1. BERKOMUNIKASI TANPA HENTI

Komunikasikan informasi, pemikiran, dan ide dengan jelas – dan sering – di berbagai media. Jaga proses tetap terbuka dan transparan, dan temukan cara untuk membantu kelancaran jalur komunikasi untuk tim atau organisasi Anda.

2. SEDERHANAKAN
Katakan apa yang Anda maksud, secara langsung. Jangan bersembunyi di balik kerumitan atau tumpukan informasi yang banyak. Komunikasi yang sederhana dapat menjadi komunikasi yang cerdas.

3. TAHAN PENDAPAT ANDA
Jeda sejenak. Dorong orang lain untuk menawarkan ide dan solusi sebelum Anda memberikan pendapat Anda. Gunakan 80% untuk mendengarkan dan 20% untuk bicara.

4. GUNAKAN CERITA
Ketika Anda menceritakan kisah yang bagus, Anda menghidupkan visi, tujuan akhir, atau target. Menceritakan kisah yang baik menciptakan kepercayaan, menyentuh hati dan pikiran, dan berfungsi sebagai pengingat akan visi. Selain itu, orang merasa lebih mudah untuk mengulang cerita atau merujuk ke gambar atau kutipan daripada berbicara tentang pernyataan visi, dokumen strategi, atau rencana proyek.

5. MUNDUR
Jika orang mendengar sesuatu dari Anda dan melihat perilaku Anda berbeda, kredibilitas Anda menjadi sasaran. Orang-orang perlu mempercayai Anda. Perilaku dan tindakan Anda menyampaikan kumpulan informasi – pastikan pesan yang Anda sampaikan sangat jelas ketika Anda tidak berbicara sepatah kata pun.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *