Skip to content

Body Language for Leaders: 4 Posisi Duduk Pendongkrak Pengaruh Kepemimpinan Anda

Kalau Anda sering mendengar istilah “Posisi Menentukan Prestasi”, Anda perlu mengetahui istilah yang lebih valid “Posisi Duduk Menentukan Pengaruh dan Kendali Anda Terhadap Orang Lain”. Salah tempat duduk ketika berinteraksi dengan orang lain bisa berakibat Anda malah tidak disukai dan tidak dihormati. Posisi badan dan bahasa tubuh Anda di dalam ruangan sangat menentukan pengaruh Anda terhadap orang lain. Your body languages and body position will define your leadership influence level.

Memilih tempat duduk yang salah di ruang rapat bisa beresiko Anda kehilangan kendali terhadap situasi. Bahkan menghadap ke posisi yang salah dalam satu forum saja,sudah bisa menurunkan persepsi orang lain terhadap power dan leadership level Anda.

4 Posisi Duduk

Perhatikan gambar posisi duduk di bawah. Bayangkan Anda adalah orang yang berwarna hijau, dan yang berwarna putih adalah orang lain. Posisi tempat duduk Anda di ketiga gambar itu menentukan kadar pengaruh Anda. Jika Anda mengambil posisi duduk seperti gambar nomor 1, maka Anda berada dalam posisi leader atau pengendali situasi. Itulah kenapa dalam jamuan-jamuan kerajaan, raja selalu duduk di ujung meja seperti ini. Di meeting dewan direksi, chairman duduk di posisi ini. In this formation, you are the leader!

4 Posisi Duduk Pendongkrak Pengaruh Kepemimpinan Anda

Begitu pula kalau Anda duduk di posisi di gambar nomor 2, Anda juga masih memproyeksikan control dan influence terhadap orang-orang yang sedang duduk di sana. Namun demikian, posisi ini lebih menonjolkan influence namun Anda masih menjadi bagian yang selevel dengan tim. Kalau Anda indin menjadi bos yang mudah diterima di tim baru, Anda bisa duduk di posisi ini di situasi-situasi tertentu.

Posisi duduk di gambar nomor 3 menunjukkan Anda dalam posisi sama-tinggi dan kolaboratif di dalam ruangan. Jika Anda duduk di posisi ini, Anda dapat dengan mudah membangun hubungan positif dengan kelompok dan cenderung lebih mudah untuk men-goal-kan ide-ide Anda.

Jika Anda duduk seperti gambar nomor 4, maka Anda adalah sosok indirect leader yang ada di ruangan. Di dunia pemerintahan orang ini bisa dianggap sebagai orang kepercayaan yang bisa mempengaruhi keputusan-keputusan penting dari leader. “Bisikan” dari indirect leader ini bahkan bisa membelokkan keputusan dari si leader. Perhatikan di film-film mafia, ketika si bos mafia sedang meeting, lalu tiba-tiba orang di belakangnya membisikkan sesuatu yang tampak penting, seketika meeting langsung ditutup karena ada yang lebih penting dan mendesak.

Memilih Posisi Tempat Duduk Yang Tepat

Lalu kapan Anda perlu menggunakan posisi-posisi duduk ini? Kalau Anda memang ingin memproyeksikan diri sebagai pemimpin kelompok, ambil posisi duduk di gambar nomer 1 dan 2. Jika Anda ingin lebih diterima sebagai anggota tim dan berkolaborasi, duduklah di posisi nomer 3. Kalau Anda belum memiliki status kekuasaan secara formal atau Anda sedang perlu memenangkan hati klien atau rekan bisnis, hindari posisi duduk nomer 1, karena justru akan memancing penolakan-penolakan. Bisa-bisa Anda diteriaki “Siapa elo???!”

Jika Anda ingin dipandang sebagai ‘high influencer’ atau tangan kanan dari seorang leader, duduklah di sebelah leader atau sedikit di belakangnya, agar Anda tidak terkesan menandingi kekuatan si leader.

Mudah bukan?

Coba Anda perhatikan di lingkungan professional Anda, siapakah sosok-sosok yang sering menempati posisi-posisi tersebut. Atau silakan Anda praktekkan di tempat kerja Anda atau lingkungan sosial Anda.

Anda pasti punya pertanyaan-pertanyaan: Bagaimana kalau mejanya bulat? Bagaimana kalau yang duduk cuma dua orang? Bagaimana kalau duduk tanpa ada meja? Bagaimana kalau posisi berdiri? Temukan jawabannya di artikel-artikel berikutnya, atau datang ke kelas Charismatic Body Language Class led by Fay Irvanto.

Semoga bermanfaat dan Salam Kharisma!

Cheers,
Fay Irvanto
Leadership Charisma Guru
www.fayirvanto.com
Join Facebook Group: Leadership Charisma Class 

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *