Skip to content

3 Bahasa Tubuh Sederhana Yang Mendongkrak Otoritas & Kharisma Anda

Tahukah Anda bahwa satu gerakan tangan Anda saja bisa membuat orang lain ‘takluk’ pada Anda? Banyak ahli telah meneliti bagaimana para pemimpin hebat dunia menggunakan bahasa tubuh sebagai alat untuk membangun pengaruh dan kekuatan mereka. Bahasa tubuh bukan hanya menjadi alat komunikasi non-verbal tetapi juga menjadi senjata tersembunyi yang ampuh untuk masuk ke pikiran bawah sadar lawan bicara. Dalam kesempatan ini saya akan sajikan 3 bahasa tubuh sederhana yang dapat mendongkrak otoritas & kharisma Anda.

Carol Kinsey Goman Ph.D. sebagai seorang Body Language Coach dan kontributor Forbes Magazine menjelaskan bahwa bahasa tubuh yang tepat dapat menentukan sukses tidaknya seorang pemimpin dalam bisnis terutama ketika dia memerlukan otoritas.

1. PALM DOWN

Untuk terlihat lebih meyakinkan dan tegas, putar telapak tangan menghadap bawah.

Secara umum berbicara dengan telapak tangan menghadap ke atas menyampaikan pesan bahwa Anda terbuka dan memberikan ruang untuk menerima pendapat, berdiskusi atau negosiasi. Ketika tangan Anda menghadap bawah maka efek sebaliknya bekerja. Maka ketika Anda akan menyampaikan pesan dimana Anda mengharapkan orang mendengarkan Anda, hadapkan telapak tangan ke atas. Seketika Anda ingin orang lain melihat Anda penuh keyakinan dan tidak goyah dengan pendapat Anda, segera putar telapak tangan menghadap ke bawah dengan jari-jari sedikit terbuka. Secara instan Anda akan meningkatkan aura kekuatan dan otoritas Anda.

Dalam kesempatan ini saya akan sajikan 3 bahasa tubuh sederhana yang dapat mendongkrak otoritas & kharisma Anda

Saran saya, untuk membangun rapport mulai dulu dengan telapak tangan menghadap  ke atas dulu. Saat Anda membutuhkan otoritas, segera putar menghadap bawah. Variasikan sesuai kebutuhan.

 

2. WIDE STANCE

Untuk terdengar lebih berpengaruh dan dinamis, berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar. Posisi berdiri ini disebut wide stance.

Suara Anda tidak hanya dihasilkan oleh mulut Anda. Seluruh koordinasi tubuh Anda akan menentukan kualitas suara Anda. Dalam studinya, seorang voice and speech therapist bernama Rhoda Agin menjelaskan bahwa jika Anda berdiri dengan kaki sedikit terbuka lebih lebar maka  berat tubuh Anda akan terdistribusi dengan lebih merata. Titik berat tubuh Anda juga lebih berimbang. Posisi membuat Anda lebih rileks. Koordinasi tubuh seperti ini akan membuat syaraf Anda lebih rileks dan volume suara Anda lebih teramplifikasi.

Yang perlu diperhatikan, jangan buka kaki terlalu lebar karena nanti Anda malah dikira sedang mengambil kuda-kuda adu tembak ala cowboy.

 

3. MOVE & STOP

Jika Anda ingin membuat pesan Anda lebih mengena dan membekas, Anda bisa menggunakan teknik bergerak dan diam.

Manusia tidak dilahirkan sebagai makhluk statis yang tidak banyak bergerak. Ketika Anda sedang bicara dan bergerak maka Anda menarik dan menjaga perhatian pendengar Anda. Lakukan gerakan-gerakan kecil untuk mengespresikan kata-kata Anda. Atau berpindah posisi saat Anda ingin menyampaikan pesan berbeda. Jika Anda ingin memberi penekanan pada satu pesan, maka diamlah agar fokus orang tertuju pada kata-kata Anda.

Misalnya ketika Anda akan memyampaikan 3 poin penting, maka berpindahlah dari satu posisu ke posisi lain sebelum menyampaikan masing-masing poin. Contohnya saat Anda di kanan maka berjalanlah ke kiri sebelum menyampaikan poin baru. Dan sejenak sebelum Anda menyampaikan poin Anda, diam beberapa detik lalu mulai bicara.

Dalam kesempatan ini saya akan sajikan 3 bahasa tubuh sederhana yang dapat mendongkrak otoritas & kharisma Anda
Steve Jobs sering menggunakan teknik Wide Stance dan Move & Stop

Steve Jobs adalah salah satu pembicara handal yang sangat piawai menggunakan bahasa tubuh ini ketika bicara di depan publik. Dengan teknik ini pula Steve Jobs mampu membangun leadership image yang kuat. Andapun juga bisa melakukannya. Coba mulai gunakan bahasa tubuh di atas ketika Anda sedang berbicara dengan orang lain dan rasakan impact-nya.

Simak terus tulisan dan video saya lainnya untuk mengetahui teknik-teknik lainnya. Anda juga bisa ikuti Charisma Class untuk belajar praktek dengan para pakar yang hadir. Simak jadwal terdekatnya di www.fayirvanto.com.

Selamat mencoba.

Salam kharisma,

Fay Irvanto

Leadership Charisma Guru & Personal Image Consultant

JIKA MENDAPAT MANFAAT, SHARE TULISAN INI.

Kunjungi www.fayirvanto.com

Follow twitter @fayirvanto

Join FB Group “Becoming Charismatic Leader”, Klik: https://www.facebook.com/groups/1315514275144784

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *