Skip to content

Charisma Tips: Cara Membangun Kekuasaan Secara Instant

Charisma Tips: Cara Membangun Kekuasaan Secara Instant

Apa yang Anda lakukan ketika Anda harus meminta seseorang segera melakukan sesuatu untuk Anda padahal dia bukan pengikut Anda dan bukan orang yang mudah menurut pada Anda? Mungkin dia orang yang berada dalam satu level dengan Anda atau bahkan orang yang secara tingkat pengaruh berada di posisi lebih tinggi dari dia. Coba Anda ingat kembali satu waktu dimana Anda pernah meminta orang lain melakukan sesuatu untuk Anda dan Anda tidak memiliki pengaruh yang terlalu kuat terhadapnya. Apa yang terjadi waktu itu?

 

Kebanyakan orang berusaha membangun pengaruhnya dengan cara membawa nama lain yang lebih besar dan berpengaruh untuk mempengaruhi orang lain. Misalnya ketika seorang pekerja akan meminta rekan kerjanya segera melakukan sesuatu maka cara paling mudah untuk memberi “tekanan” kepada orang lain adalah dengan membawa nama bos untuk menekankan bahwa pekerjaan ini sangat penting untuk segera diselesaikan. Misalnya dia mengatakan “Tolong selesaikan laporannya dalam dua hari  karena CEO memerlukan data ini untuk presentasinya minggu depan”. Maka impresi yang ditangkap oleh pendengar setidaknya ada dua hal. Pertama, adalah pekerjaan ini memang sangat penting karena akan dipakai oleh CEO.  Kedua adalah orang yang meminta memiliki koneksi cukup dekat dengan orang yang nama besar berada puncak kepemimpinan sehingga tugas penting dari CEO pun harus melalui dia.

 

Teknik ini disebut sebagai teknik Borrow The Power yang sering dilakukan oleh orang untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain baik secara sadar maupun tidak. Teknik Borrow The Power ini cukup efektif juga untuk menolak sesuatu dengan mengatasnamakan pihak ketiga yang memiliki nama besar dan pengaruh lebih besar. Sesuai artinya Borrow The Power artinya kita meminjam kekuasaan orang lain untuk membangun kekuasaan kita.  Sudah menjadi logika bahwa yang memiliki kekuasaan berarti memiliki pengaruh. Efeknya adalah si peminjam kekuasan menjadi tampak berkuasa tanpa benar-benar  memiliki kuasa. Pesan yang ditangkap orang lain seolah berarti “If you mess up with me, you mess up with the power”.

 

Teknik meminjam pengaruh dan kekuasaan ini tidak harus selalu dikaitkan dengan orang, tapi bisa juga dengan perusahaan, organisasi atau lembaga. Misalnya ketika seorang salesman datang kepada Anda menawarkan satu produk dari satu perusahaan yang namanya agak asing di telinga Anda, tentu Anda tidak mudah yakin untuk membeli produk tersebut walaupun fitur produk tersebut menjanjikan. Namun jika si Salesman mengatakan bahwa produk itu dibuat oleh sebuah perusahaan yang merupakan afiliasi perusahaan besar yang sudah sangat terkenal maka Anda akan cenderung lebih percaya pada kualitas produk tersebut.

Aplikasi: Speak with Charisma

Cara lain yang sering dipakai oleh para penulis atau presenter adalah menggunakan kutipan atau referensi dari sumber yang terpercaya dan memiliki otoritas. Seorang yang melakukan presenter yang berusaha menjelaskan kondisi ekonomi akan lebih dipercaya jika dia bisa mencantumkan hasil riset dari para ahli ekonomi dunia. Seorang penulis buku non fiksi akan lebih mudah meyakinkan pembacanya jika dia menyebutkan referensi literatur yang cukup dikenal.

Jadi, siapakah nama besar yang bisa Anda kaitkan dengan diri Anda selama ini? You know the answer. Anda dapat menggunakan beberapa charisma tips sebagai tambahan dari teknik borrow the power ini.

Salam Karisma,

Fay Irvanto

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *